PERANAN STATISTIKA DALAM EKONOMI DAN BISNIS
PERANAN STATISTIKA DALAM EKONOMI DAN BISNIS
oleh:
LARAS
SETYA BASTARI
1617201023
4
ES A
A.
PENDAHULUAN
Di zaman modern ini banyak sekali orang yang
melakukan bisnis. Entah itu bisnis dibidang kuliner, bidang olahraga, maupun
bidang lainnya. Hal ini karena bisnis dapat memberikan penghasilan yang lebih.
Terkadang orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap juga ikut membuka bisnis
karena dapat menambah penghasilannya.
Untuk membuka maupun menjalankan bisnis kita perlu
memprediksi atau meramalkan bagaimana masa depan dari bisnis kita. Maka dari
itu orang yang memiliki bisnis harus memiliki ilmu statistika. Ilmu statistika
memiliki peranan yang penting dalam bisnis.
Ilmu statistika ini merupakan metode-metode untuk
mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis serta menginterprestasikan
data yang pada akhirnya digunakan untuk mengambil keputusan. Dengan adanya ilmu
statistika dapat mempermudah orang yang memiliki bisnis untuk menjalankan bisnisnya
dengan harapan mengurangi resiko-resiko yang akan terjadi.
B.
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Statistika
Statistika
dalam arti sempit adalah kumpulan data yang menjelaskan sesuatu. Sedangkan
dalam arti luas statistika adalah suatu alat pengumpulan data, pengolah data,
menarik kesimpulan, membuat tindakan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan
atau statistika yang digunakan menganalisis data sampel dan hasilnya
dimanfaatkan untuk populasi.
2.
Landasan Kerja
Statistika
Ada
tiga jenis landasan kerja statistika yaitu :
a. Variasi
Didasarkan atas kenyataan bahwa
seorang peneliti atau penyidik selalu menghadapi persoalan dan gejala yang
bermacam-macam (variasi) baik dalam bentuk tingkatan dan jenisnya.
b. Reduksi
Hanya sebagian dan seluruh kejadian
yang hendak diteliti (penelitian sampling)
c. Regeneralisasi
Sekalipun penelitian hanya
dilakukan terhadapa sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti. Namun
kesimpulan dan penelitian ini akan diperuntukan bagi keseluruhan kejadian atau
gejala yang hendak diambil.
3.
Peran Statistika dalam
ekonomi dan bisnis
Statistika
banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu dan salah satunya adalah ilmu
ekonomi dan bisnis. Untuk ekonomi dan bisnis, statistika digunakan untuk :
a. Bidang
Akuntansi
Perusahaan akuntan publik dalam
rangka pengambilan sampel atau contoh akan menggunakan statistik di mana sampel
tersebut harus memenuhi kaidah-kaidah tertentu ketika melakukan audit terhadap
kliennya.
b. Keuangan
Para konsultan keuangan menggunakan
beberapa jenis informasi statistik, seperti rasio keungan dan hasil deviden
untuk membantu dalam memberikan rekomendasi investasi.
c. Pemasaran
(Marketing)
Pengambilan sampel untuk penelitian
dalam rangka peluncuran produk baru, masyarakat sebagai responden diminta
pendapat mengenai produk yang akan diluncurkan tersebut.
d. Ekonomi
Para ahli ekonomu menggunakan
statistika untuk meramalkan masa mendatang.
e. Bidang
penelitian Ekonomi dan Bisnis
Statistika digunakan juga sebagai
alat pengolahan data dalam suatu penelitian, penelitian yang menggunkan bantuan
statistika adalah jenis penelitian kuantitatif (penelitian yang dapat diselesaikan
dengan perhitungan statistika). Penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh
data, data yang diperoleh tersebut diolah dengan statistika, sehingga dapat
dibaca yang selanjutnya disimpulkan untuk tujuan dan kegunaan tertentu. Data
merupakan unsur yang paling penting dalam sebuah penelitian. Data tidak akan
dapat dibaca untuk digunakan sebagai kesimpulan apabila tidak dilakukan
pengolahan statistik. Penelitian dalam bidang bisnis misalnya meneliti tentang
tingkat kepuasan konsumen, meneliti tentang kinerja keuangan perusahaan dan
lain sebagainya.
Dalam penelitian bisnis ada dua
jenis analisis yaitu :
1) Pengujian
Deskriptif
Pengolahan data untuk
mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data
sampel atau populasi. Data yang diolah dalam statistika deskriptif hanya satu
variabel saja. Pada statistik deskriptif dapat menghasilkan mean, median,
modus, quartile, tabel, grafik dan diagram.
2) Pengujian
Infarensi
Pengujian yang mengadukan dua
variabel atau lebih.
Pengujian infarensi dibagi menjadi
tiga yaitu :
a. Pengujian
Hubungan (Korelasi)
b. Pengujian
Pengaruh (Regresi)
c. Pengujian
Perbedaan (Paired sampel t test, Independent sampel t test, dll)
Statistika
infarensial dapat dikelompokan menjadi dua yaitu :
Ø Statistika
Parametrik
Statistika parametrik digunakan
dengan syarat data sebagai sampel harus berdistribusi normal (diuji dengan
normalitas terlebih dahulu), jadi sebelum menetukan pengujian yang akan dipakai
maka dilakukan pengujian normalitas terlebih dahulu. Pengujian yang dipakai
dalam statistik parametrik adalah :
·
Uji Perbedaan
Uji yang digunkan adalah
independent sample t test, paired sample t test, one sample t test.
·
Uji Hubungan
Uji yang digunakan adalah korelasi
product moment person.
·
Uji Pengaruh
Uji yang digunkan adalah uji
regresi.
Ø Statistika
Non Parametrik
Statitika non parametrik ini
digunakan pada kondisi penelitian tertentu. Kondisi yang sering dijumpai
anatara lain data pada sampel tidak terdistribusi normal, jumlah sampel yang
kecil (kurang dari 30), cenderung lebih sederhana sehingga kesimpulannya kadan
diragukan. Yang termasuk uji non parametrik adalah :
·
Uji Perbedaan
Uji yang digunkan adalah Uji Sign,
Uji Mann Whitney, Uji Friedman, Uji Kruskal Wallis.
·
Uji Hubungan
Uji yang digunakan adalah korelasi
spearman, Kendall Tau, Koefisien Contingensi.
Jika data yang diperoleh dari penelitian
berdistribusi normal maka uji infarensi yang digunakan adalah uji statistik
parametrik, jika data yang diperoleh tidak berdistribusi normal maka digunakan
uji statistik non parametrik.
C.
PENUTUP
Kesimpulan
dari pembahasan diatasa adalah :
Ilmu
statistika ini merupakan metode-metode untuk mengumpulkan, mengolah,
menyajikan, dan menganalisis serta menginterprestasikan data yang pada akhirnya
digunakan untuk mengambil keputusan. Peranan ilmu statistika sangat dibutuhkan
untuk menjalankan suatu bisnis agar dapat tercapainya tujuan bisnis tersebut.
REFERENSI
1.
V. Wiratna Sujarweni, Statistik untuk Bisnis Ekonomi, (Yogyakarta
: Pustaka Baru Press.2015).Hlm.1-5.
2.
Dr. Riduwan
&Dr.H.Sunarto,M,Si., Pengantar
statistika untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan
Bisnis,(bandung : Alfabeta.2011).Hlm.3-4.
Komentar
Posting Komentar