PERANAN STATISTIKA DALAM EKONOMI DAN BISNIS



PERANAN STATISTIKA DALAM EKONOMI DAN BISNIS
 oleh: 

LARAS SETYA BASTARI
1617201023
4 ES A


A.   PENDAHULUAN
Di zaman modern ini banyak sekali orang yang melakukan bisnis. Entah itu bisnis dibidang kuliner, bidang olahraga, maupun bidang lainnya. Hal ini karena bisnis dapat memberikan penghasilan yang lebih. Terkadang orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap juga ikut membuka bisnis karena dapat menambah penghasilannya.
Untuk membuka maupun menjalankan bisnis kita perlu memprediksi atau meramalkan bagaimana masa depan dari bisnis kita. Maka dari itu orang yang memiliki bisnis harus memiliki ilmu statistika. Ilmu statistika memiliki peranan yang penting dalam bisnis.
Ilmu statistika ini merupakan metode-metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis serta menginterprestasikan data yang pada akhirnya digunakan untuk mengambil keputusan. Dengan adanya ilmu statistika dapat mempermudah orang yang memiliki bisnis untuk menjalankan bisnisnya dengan harapan mengurangi resiko-resiko yang akan terjadi.
B.   PEMBAHASAN
1.      Pengertian Statistika
Statistika dalam arti sempit adalah kumpulan data yang menjelaskan sesuatu. Sedangkan dalam arti luas statistika adalah suatu alat pengumpulan data, pengolah data, menarik kesimpulan, membuat tindakan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan atau statistika yang digunakan menganalisis data sampel dan hasilnya dimanfaatkan untuk populasi.
2.      Landasan Kerja Statistika
Ada tiga jenis landasan kerja statistika yaitu :
a.       Variasi
Didasarkan atas kenyataan bahwa seorang peneliti atau penyidik selalu menghadapi persoalan dan gejala yang bermacam-macam (variasi) baik dalam bentuk tingkatan dan jenisnya.
b.      Reduksi
Hanya sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti (penelitian sampling)
c.       Regeneralisasi
Sekalipun penelitian hanya dilakukan terhadapa sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti. Namun kesimpulan dan penelitian ini akan diperuntukan bagi keseluruhan kejadian atau gejala yang hendak diambil.
3.      Peran Statistika dalam ekonomi dan bisnis
Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu dan salah satunya adalah ilmu ekonomi dan bisnis. Untuk ekonomi dan bisnis, statistika digunakan untuk :
a.       Bidang Akuntansi
Perusahaan akuntan publik dalam rangka pengambilan sampel atau contoh akan menggunakan statistik di mana sampel tersebut harus memenuhi kaidah-kaidah tertentu ketika melakukan audit terhadap kliennya.
b.      Keuangan
Para konsultan keuangan menggunakan beberapa jenis informasi statistik, seperti rasio keungan dan hasil deviden untuk membantu dalam memberikan rekomendasi investasi.
c.       Pemasaran (Marketing)
Pengambilan sampel untuk penelitian dalam rangka peluncuran produk baru, masyarakat sebagai responden diminta pendapat mengenai produk yang akan diluncurkan tersebut.
d.      Ekonomi
Para ahli ekonomu menggunakan statistika untuk meramalkan masa mendatang.
e.       Bidang penelitian Ekonomi dan Bisnis
Statistika digunakan juga sebagai alat pengolahan data dalam suatu penelitian, penelitian yang menggunkan bantuan statistika adalah jenis penelitian kuantitatif (penelitian yang dapat diselesaikan dengan perhitungan statistika). Penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh data, data yang diperoleh tersebut diolah dengan statistika, sehingga dapat dibaca yang selanjutnya disimpulkan untuk tujuan dan kegunaan tertentu. Data merupakan unsur yang paling penting dalam sebuah penelitian. Data tidak akan dapat dibaca untuk digunakan sebagai kesimpulan apabila tidak dilakukan pengolahan statistik. Penelitian dalam bidang bisnis misalnya meneliti tentang tingkat kepuasan konsumen, meneliti tentang kinerja keuangan perusahaan dan lain sebagainya.
Dalam penelitian bisnis ada dua jenis analisis yaitu :
1)      Pengujian Deskriptif
Pengolahan data untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Data yang diolah dalam statistika deskriptif hanya satu variabel saja. Pada statistik deskriptif dapat menghasilkan mean, median, modus, quartile, tabel, grafik dan diagram.
2)      Pengujian Infarensi
Pengujian yang mengadukan dua variabel atau lebih.
Pengujian infarensi dibagi menjadi tiga yaitu :
a.       Pengujian Hubungan (Korelasi)
b.      Pengujian Pengaruh (Regresi)
c.       Pengujian Perbedaan (Paired sampel t test, Independent sampel t test, dll)
Statistika infarensial dapat dikelompokan menjadi dua yaitu :
Ø  Statistika Parametrik
Statistika parametrik digunakan dengan syarat data sebagai sampel harus berdistribusi normal (diuji dengan normalitas terlebih dahulu), jadi sebelum menetukan pengujian yang akan dipakai maka dilakukan pengujian normalitas terlebih dahulu. Pengujian yang dipakai dalam statistik parametrik adalah :
·         Uji Perbedaan
Uji yang digunkan adalah independent sample t test, paired sample t test, one sample t test.
·         Uji Hubungan
Uji yang digunakan adalah korelasi product moment person.
·         Uji Pengaruh
Uji yang digunkan adalah uji regresi.
Ø  Statistika Non Parametrik
Statitika non parametrik ini digunakan pada kondisi penelitian tertentu. Kondisi yang sering dijumpai anatara lain data pada sampel tidak terdistribusi normal, jumlah sampel yang kecil (kurang dari 30), cenderung lebih sederhana sehingga kesimpulannya kadan diragukan. Yang termasuk uji non parametrik adalah :
·         Uji Perbedaan
Uji yang digunkan adalah Uji Sign, Uji Mann Whitney, Uji Friedman, Uji Kruskal Wallis.
·         Uji Hubungan
Uji yang digunakan adalah korelasi spearman, Kendall Tau, Koefisien Contingensi.
Jika data yang diperoleh dari penelitian berdistribusi normal maka uji infarensi yang digunakan adalah uji statistik parametrik, jika data yang diperoleh tidak berdistribusi normal maka digunakan uji statistik non parametrik.

C.   PENUTUP
Kesimpulan dari pembahasan diatasa adalah :
Ilmu statistika ini merupakan metode-metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis serta menginterprestasikan data yang pada akhirnya digunakan untuk mengambil keputusan. Peranan ilmu statistika sangat dibutuhkan untuk menjalankan suatu bisnis agar dapat tercapainya tujuan bisnis tersebut.





REFERENSI
1.      V. Wiratna Sujarweni, Statistik untuk Bisnis Ekonomi, (Yogyakarta : Pustaka Baru Press.2015).Hlm.1-5.
2.      Dr. Riduwan &Dr.H.Sunarto,M,Si., Pengantar statistika untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis,(bandung : Alfabeta.2011).Hlm.3-4.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA DISTRIBUSI NORMAL DALAM STATISTIKA

HUBUNGAN ANALISIS REGRESI DAN KORELASI DALAM PENELITIAN